BAB I
MAKHARIJUL HURUF
Makhraj ialah keluarnya bunyi huruf-huruf arab pada lisan atau mulut manusia. Masing-masing hurufmempunyaimakhraj atau tempat keluarnya masing-masing. Dalam ilmu tajwid, makhraj ada lima macam. Lima macam makhraj tersebut adalah sebaai berikut.
NO. | MAKHRAJ | ARTI |
1 | اَلْجَوْفُ | Lubang Tenggorokandan Mulut |
2 | اَلْحَلْقُ | Tenggorokan |
3 | اَللِّسَانُ | Lidah |
4 | اَلشَّفَتَانِ | Kedua Bibir |
5 | اَلْخَيْشُوْمُ | Pangkal Hidung |
Kelima makhraj tersebut kemudian dirinci lagi menjadi tujuh belas makhraj. Tujuh belas makhraj tersebut adalah sebagai berikut:
NO. | MAKHRAJ | HURUF HIJAIAH |
1 | Rongga tenggorokan | اَ-إِىْ-اُوْ |
2 | Pangkal tengorokan | ء – هـ |
3 | Tengah tenggorokan | ع - ح |
4 | Ujung tenggorokan | غ - خ |
5 | Pangkal lidah dekat anak lidah dengan langit–langit yang lurus di atasnya | ق |
6 | Pangkal lidah dengan langit–langit yang lurus di atasnya, agak keluar sedikit dari makhraj qaf | ك |
7 | Lidah bagian tengah dengan langit–langit yang lurus diatsnya | ج – ش - ي |
8 | Salah satu tepi lidah dengan geraham atas | ض |
9 | Lidah bagian depan swbelah makhraj dad dengan gusi atas | ل |
10 | Ujung lidah dengan gusi atas agak keluar sedikit dari makhraj lam adalah makhraj nun yanng bukan idgam atau ikhfa’ | ن |
11 | Ujung lidah agak ke dalam sedikit, lebih dalam dari makhraj nun | ر |
12 | Ujung lidah dengan pangkal dua gigi yang atas | ت - د - ط |
13 | Ujung lidah dengan rongga antara gigi atas dan gigi bawah | ر - س - ص |
14 | Ujung lidah dengan ujung dua buah gigi yang atas | ث - ذ – ظ |
15 | Bagian tengah dari bibir bawah dengan ujung dua buah gigi yang atas | ف |
16 | Kedua bibir atas dan bawah, untuk mim dan ba harus rapat, sedangkan wau merenggang | و- م – ب |
17 | Pangkal hidung | Huruf gunnah (dengung) |
BAB II
QALQALAH DAN GHUNNAH
1. Qalqalah
Qalqalah adalahmembunyikan huruf mati dengan suara mantul dari makhraj hurufnya. Huruf qalqalah ada lima. Kelima huruf qalqalah tersebut adalahsebagai berikut.
1. ق 2. ط 3. ب 4. ج 5. د
Bacaan qalqalah ada dua macam. Dua bacaan qalqalah tersebut adalah qalqalah sugra dan qalqalah kubra
a. qalqalah sugra ialah jika huruf qalqalah mendapat harkat sukun di tengah suku kata. Pantulan dari qalqalah sugra itu tidak terlalu sangat atau hanya sedikit.
NO. | LAFADZ | SEBAB TERJADINYA | CARA MEMBACANYA |
1 | رَزَقْنكُمْ | Huruf Qof dalam keadaan sukun di tengah kalimat | Suara huruf Qaf di pantulkan sedikit |
2 | بَطْشَ | Huruf Tha’ dalam keadaan sukun di tengah kalimat | Suara huruf Tha’ di pantulkan sedikit |
3 | لِتَبْلُغُوْا | Huruf Ba’ dalam keadaan sukun di tengah kalimat | Suara huruf Ba’ di pantulkan sedikit |
4 | اَتَجْعَلُ | Huruf Jim dalam keadaan sukun di tengah kalimat | Suara huruf Jim di pantulkan sedikit |
5 | هُدْهُدَ | Huruf Dal dalam keadaan sukun di tengah kalimat | Suara huruf Dal di pantulkan sedikit |
b. Qalqalah qubro ialah jika huruf qalaqlah mendapatkan harakat sukun di akhir kata atau karena wakaf (behenti). Pantulan qalqalah kubro lenih besar dari pada qalqalah sugra,terutama jika berada sesudah huruf mad dan lebih besar lagi apabila huruf qalqalah bertasydid. Contoh:
NO. | LAFADZ | SEBAB TERJADINYA | CARA MEMBACANYA |
1 | اَلْفَلَقِْ | Huruf Qof sukun di akhir kalimat/ karena wakaf | Suara huruf Qaf di pantulkan agak kuat |
2 | عِقَابٍْ | Huruf Ba’ sukun di akhir kalimat/ karena wakaf | Suara huruf Ba’ di pantulkan agak kuat |
2. Gunnah
Gunnah adalah membaca dengan mendengung. Huruf ghunnah ada dua, yaitu nun dan mim. Nun dan mim dibaca ghunnah apabila bertasydid. Cara membacanya ditekan dengan panjang 2 harakat atau 1 alif. Contoh :
NO. | LAFADZ | SEBAB TERJADINYA | CARA MEMBACANYA |
1 | اِنَّ | Huruf nun di tasydid | Di baca dengan dengung |
2 | اِمَّـا | Huruf mim di tasydid | Di baca dengan dengung |
BAB III
HUKUM NUN MATI
Nun mati dan tanwin apabila bertemu dengan huruf hijayah mempunyai lima macam hukum.
1. Izhar
izhar adalah bacaan jelas atau terang dan tidak bercapur dengug sama sekali. Bacaan ini terjadi apabila nun mati atau tanwin di ikuti oleh salah satu huruf halqi. Huruf Halqi terdiri dari enam huruf, yaitu: ء, هـ, ع, غ, ح, dan خ. Bacaan ini di sebut juga Izhar Halqi.
Beberapa contohnya adalah sebagai berikut:
NO. | CONTOH LAFAL | SEBAB TERJADINYA | TERLETAK PADA |
1 | اَنْ أَكُـوْنَ | Nun mati di ikuti hamzah | QS. Al-Baqarah:67 |
2 | قِرَدَةً خَاشِئِيْنَ | Tanwin di ikuti Kha’ | QS. Al-Baqarah:65 |
2. Idgam Bigunnah
Idgam adalah bacaan dengan memasukkan suara nun mati atau tanwin ke dalam bunyi huruf yang mengikutinya. Bighunnah artinya dengan nendengung. Dengan demikian, Idgham Bighunnah adalah memasukkam suara nun mati atau tanwin kedalam bunyi hurup berikutnya dengsn mendengung. Bacaan ini terjadi ketika nun mati atau tanwin bertemu dengan huruf yang biasa di ringkas dalam lafadh يَنْمُوْ (ي - ن - م - و)
Contohnya adalah sebagai berikut.
NO. | CONTOH LAFAL | SEBAB TERJADINYA | TERLETAK PADA |
1 | لِقَوْمٍ يُّوْقِنُوْنَ | Tanwin di ikuti Ya’ | QS. Al-Baqarah:118 |
مِنْ وَّلِيٍّ | Nun mati diikuti Wau | QS. Al-Baqarah:107 |
Bacaan idgam dipergunakanapabila nun mati atau tanwin tidak berada dalam satu kalimat dengan huruf tersebut. Jika nun mati atau tanwin berada dalam satu kalimat denga huruf – huruf tersebut hukum bacaannya adalah izhar.
Beberapa contoh adalah sebagai berikut.
NO. | CONTOH LAFAL | SEBAB TERJADINYA | CARA MEMBACANYA |
1 | فِى الدُّنْـيَـا | Nun mati di ikuti Ya | Fiddun- ya |
2 | قِنْـوَانٌ | Nun mati di ikuti Wau | Qin- wan |
3. Idgam Bilagunnah
Idgham bilagunnah adalah bacaan idgam yang tidak di sertai dengung. Hal ini terjadi ketika nun mati atau tanwin di ikuti huruf lam dan ra.
Beberapa contoh adalah sebagai berikut.
NO. | CONTOH LAFAL | SEBAB TERJADINYA | CARA MEMBACANYA |
1 | رَزْقًالَّكُمْ | Tanwin bertemu Lam | Rizqal-lakum |
2 | يُبَيِّنْ لَّكُمْ | Nun mati bertemu Lam | Yubayyil-lana |
4. Iqlab
Iqlab adalah mengganti suara nun mati atau tanwin dengan suara nun mati. Bacaan ini terjadi ketika huruf nun mati dan tanwin diikuti huruf ba.
Beberapa contohnya adalah sebagai berikut
NO. | CONTOH LAFAL | SEBAB TERJADINYA | CARA MEMBACANYA |
1 | مِنْ بَعْدِ هِمْ | Nun mati di ikuti ba | Mim-ba’dihim |
2 | سَمِيْعٌ بَصِـيْرٌ | Tanwin di ikuti ba | Sami’um-bashirun |
5. Ikhfa’
Ikhfa’ adalah membnyikan huruf nun mati atau tanwin antara izhar dan idgam.
Bacaan ini terjadi apabila nun mati dan tanwin di ikuti salah satu huruf yang terhimpun pada tiap awal kalimat syair berikut:
دُمْ طَيِّبًا زِدْ فِى تُقًى ضَعْ ظَالِمًا | ³ | صِفْ ذَا ثَنَاكَمْ جَادَ شَخْصٌ قَدْ سَمَا | |||||||||||||
ظ | ض | ت | ف | ز | ط | د | | س | ق | ش | ج | ك | ث | ذ | ص |
Di antara contohnya adalah sebagai berikut.
NO. | CONTOH LAFAL | SEBAB TERJADINYA | TERLETAK PADA |
1 | مِنْ صَلْصَالٍ | Nun mati diikuti Shad | QS. Al-Hijr : 33 |
2 | اَنْذَرْنكُمْ | Nun mati diikuti Dzal | QS. An-Naba’ : 40 |
BAB IV
HUKUM MIM MATI
Hukum mim mati ada tiga : Yaitu Ikhfa’ Syafawi, Idgham Mistlain, Izhar Syafawi.
a. Ihkfa’ Syafawi
Ihkfa’ Syafawi adalah hukum bacaan mim mati saat bertemu Ba. Cara membacanya adalah samar-samar dengan dengung. Contohnya adalah sebagai berikut:
NO. | LAFAL | SEBAB TERJADINYA | TERDAPAT PADA QS. |
1 | وَمَا هُمْ بِمُؤْمِنِيْنَ | Mim mati bertemu ba | QS. Al-Baqarah : 8 |
2 | بَعْضُهُمْ بِبَعْضٍ | Mim mati bertemu ba | QS. Al-Baqarah : 251 |
b. Idgham Mislain
Idgam mislain adalah hukum bacaan mim mati saat bertemu mim. Cara membacanya adalah mendengung. Bacaan ini juga disebut idgam mimi. Contohnya adalah sebagai berikut:
NO. | LAFAL | SEBAB TERJADINYA | TERDAPAT PADA QS. |
1 | وَمِنْهُمْ مُقْتَصِدٌ | mim mati bertemu mim | QS. Fatir : 32 |
2 | وَلَكُمْ مَاكَسَبْتُمْ | mim mati bertemu mim | QS. Al-Baqarah : 141 |
c. Izhar syafawi
Izhar syafawi adalah hukum bacaan saat mim mati bertemu semua huruf selain mim dan ba dan harus di baca jelas. Contohnya adalah sebagai berikut:
NO. | LAFAL | SEBAB TERJADINYA | TERDAPAT PADA QS. |
1 | وُجُوْهَكُمْ قِبَلَ | Mim mati bertemu Qaf | QS. Al-Baqarah : 177 |
2 | بِعَهْدِهِمْ إِذَا عَاهَدُوْا | Mim mati bertemu Hamzah | QS. Al-Baqarah : 177 |
3 | هُمْ يُرَآؤُنَ | Mim mati bertemu Ya’ | QS. Al-Ma’mun : 6 |
BAB V
HUKUM ALIF LAM
Hukum alif lam ada dua, izhar qamariyyah dan izhar syamsiyyah.
a. Izhar Qamariyyah
Izhar qamariyyah adalah hukum bacaan alif lam saat bertemu salah satu dari empat belas huruf qamariyah berikut ini:
أَبْغِ حَجَّكَ وَخَفْ عَقِيْمَهُ (أب غ ح ج ك وخ ف ع ق ي م ه)
Cara membacanya adalah dengan tetap menyuarakan bunyi al. Contohnya adalah sebagai berikut :
NO. | LAFAL | SEBAB TERJADINYA | TERDAPAT PADA QS. |
1. | اَلْبِرَّ | Alif lam bertemu Ba’ | QS. Al-Baqarah : 177 |
2. | اَلْغَيِّ | Alif lam bertemu Ghain | QS. Al-Baqarah : 256 |
3. | اَلْجَهْرُ | Alif lam bertemu Jim | QS. Al-A’la : 7 |
4. | اَلْوَدُوْدُ | Alif lam bertemu Wau | QS. Al-Buruj : 14 |
5. | اَلْخَيْرتُ | Alif lam bertemu Kha’ | QS. Al-Baqarah : 148 |
b. Idgam Syamsyiyah
Idgam syamsiyyah adalah hukum bacaan alif lam saat bertemu salah satu dari empat belas huruf syamsiyyah yang terdapat pada awal setiap kalimat syair berikut ini:
دَعْ سُوْءَ ظَنٍّ زُرْ شَرِيْفًا لِلْكَرَمِ | ³ | طِبْ ثُمَّ صِلْ رَحْماً تَفُزْ ضِفْ ذَا نِعَمْ | ||||||||||||
ل | ش | ز | ظ | س | د | | ن | ذ | ض | ت | ر | ص | ث | ط |
Cara membacanya adalah dengan menghilangkan bunyi al serta langsung masuk pada huruf berikutnya. Contohnya adalah sebagai berikut:
NO. | LAFAL | SEBAB TERJADINYA | TERDAPAT PADA QS. |
1 | وَالطَّيْرُ | Alif lam bertemu Tha’ | QS. An-Nur : 41 |
2 | اَلثَّوَابُ | Alif lam bertemu Tsa’ | QS. Ali ‘Imran : 195 |
3 | اَلصَّلوةَ | Alif lam bertemu Shad | QS. Al-Baqarah : 177 |
4 | اَلرِّقَـابِ | Alif lam bertemu Ra’ | QS. Al-Baqarah : 177 |
5 | اَلتّبِعِيْنَ | Alif lam bertemu Ta’ | QS. Al-Ahzab : 4 |
BAB VI
HUKUM BACAAN MAD
1. Mad Thabi’i
Mad tabi’i juga disebut mad asli. Mad tersebut dibaca panjang satu alif atau dua harkat. Sebuah lafal kalimat akan dibaca mad tabi’i apabila:
a. Harkat fathah diikuti oleh alif;
b. Harkat kasrah diikuti oleh ya ;
c. Harkat dammah diikuti oleh wau.
Beberapa contohnya adalah sebagai berikut.
NO. | LAFAL | SEBAB TERJADINYA | TERDAPAT PADA QS. |
1 | بَاطِلاً | Fathah biikuti Alif | QS. Sad : 27 |
2 | لِيُذِيْقَهُمْ | Kasrah diikuti Ya’ | QS. Ar-rum : 41 |
3 | تُفْسِدُوْنَ | Dammah diikuti Wau | QS. Al-a’raf : 56 |
4 | فَأَنْزَلْناَ | Fathah diikuti Alif | QS. Al-a’raf : 27 |
5 | اَلَّذِيْنَ | Kasrah diikuti Ya’ | QS. Sad : 28 |
6 | فَانْظُرُوْا | Dammah diikuti Wau | QS. Ar-rum : 49 |
2. Mad Far’i
Mad far’i terdiri dari:
a. Mad Wajib Muttasil;
b. Mad Jaiz Munfasil;
c. Mad Arid Lis-Sukun;
d. Mad Badal;
e. Mad Layyin;
f. Mad Silah;
g. Mad Iwad;
h. Mad Lazim;
Macam-macam mad far’i akan ditemukan dalam pembahasan berikut ini:
a. Mad Wajib Muttasil
Mad wajib muttasil adalah mad yang tarjadi ketika tanda mad bertemu hamzah dalam satu lafal. Mad tersebut dibaca dua setengah alif. Contoh mad wajib muttasill dapat dilihat pada kolom berikut ini:
NO. | LAFAL | SEBAB TERJADINYA | TERDAPAT PADA QS. |
1 | اَلْمَآءَ | Mad diikuti hamzah dalam satu lafal | QS. Al-A’raf : 57 |
2 | قَدْ جَآءَتْ | Mad diikuti hamzah dalam satu lafal | QS. Al-A’raf : 53 |
3 | عَآئِلاً | Mad diikuti hamzah dalam satu lafal | QS. Ad-Duha : 7 |
4 | اِلاَّابْتِغَآءَ | Mad diikuti hamzah dalam satu lafal | QS. Al-Lail : 20 |
5 | اَلسَّمَآءَ | Mad diikuti hamzah dalam satu lafal | QS. Saf : 27 |
b. Mad Jaiz Munfasil
Maj jaiz munfasil adalah mad yangterjadi ketika mad yang bertemu dengan hamzah tidak dalam satu lafal, melainkan dalam lafal yang terpisah. Mad tersebut dibaca satu sampai dua setengah alif. Contoh mad jaiz munfasil dapat dilihat pada kolom berikut ini:
NO. | LAFAL | SEBAB TERJADINYA | TERDAPAT PADA QS. |
1 | اِذَآ اَقَلَّتْ | Mad diikuti hamzah dalam lafal lain | QS. Al-A’raf : 56 |
2 | اَلَآاِنَّهُمْ | Mad diikuti hamzah dalam lafal lain | QS. Al-Baqarah : 13 |
3 | اَنْزَلْنَآ ايتٍ | Mad diikuti hamzah dalam lafal lain | QS. An-Nur : 46 |
4 | اِنآاَخْلَصْنَاهُمْ | Mad diikuti hamzah dalam lafal lain | QS. Sad : 46 |
5 | اِذَآ اَذَاقَهُمْ | Mad diikuti hamzah dalam lafal lain | QS. Ar-Rum : 33 |
c. Mad Arid lis-Sukun
Mad arid lis-sukun adalah mad yang terjadi karena waqaf atau berhenti. Mad tersebut dibaca satu, dua, atau tiga alif.
NO. | LAFAL | SEBAB TERJADINYA | TERDAPAT PADA QS. |
1 | يَشْكُرُوْنَ | Mad diikuti sukun karena berhenti | QS. Al-A’raf : 58 |
2 | تَذْكُرُوْنَ | Mad diikuti sukun karena berhenti | QS. Al-A’raf : 57 |
3 | اَلْمُؤْمِنُوْنَ | Mad diikuti sukun karena berhenti | QS. Al-Hujurat : 27 |
4 | مِنَ الْمُكْرَمِيْنَ | Mad diikuti sukun karena berhenti | QS. Yasin : 27 |
5 | مُشْرِكِيْنَ | Mad diikuti sukun karena berhenti | QS. Ar-Rum : 42 |
d. Mad Badal
Mad badal adalah mad yang terjadi karena menggantikan hamzah. Mad tersebut dibaca panjang satu alif. Contoh mad badal dapat dilihat pada kolom berikut ini:
NO. | CONTOH LAFAL | SEBAB TERJADINYA | TERLETAK PADA SURAH |
1 | امَنَ | أَأْمَنَ | QS. Al-Kahfi : 88 |
2 | إِيْمَانٌ | إِئْمَانٌ | QS. Al-Hasyr : 10 |
3 | أُوْتُوْا | أُؤْتُوْا | QS. Al-Anfal : 75 |
e. Mad Layyin
Mad Layyin adalah mad yang terjadi karena fathah bertemu wau mati atau ya’ mati. Mad tersebut dibaca satu, dua, atau tiga alif. Contoh mad layyin dapat dilihatpada kolom berkut ini:
NO. | LAFAL | SEBAB TERJADINYA | TERDAPAT PADA QS. |
1 | كَيْفَ | Fathah bertemu ya mati | QS. Ar-Rum : 42 |
2 | وَنَجَّيْنهُمْ | Fathah bertemu ya mati | QS. Sad : 27 |
3 | خَوْفًا | Fathah bertemu wau mati | QS. Al-A’raf : 56 |
4 | يَوْمَئِذٍ | Fathah bertemu wau mati | QS. Asy-Syura : 47 |
5 | وَمَا بَيْنَهُمَا | Fathah bertemu ya mati | QS. Hud : 58 |
f. Mad Silah
Mad silah adalah mad yang terjadi jika ada ha damir yang diapit dua harkat. Mad silah ada dua, yaitu mad silah qasirah dan mad silah tawilah.
1). Mad Silah qasirah adalah mad yang terjadi jika ha damir tidak bertemu hazahdan dibaca qasir atau pendek, yaitu satu alif. Contoh mad silah qasirah adalah sebagai berkut.
NO. | LAFAL | SEBAB TERJADINYA | TERDAPAT PADA QS. |
1 | أَهْلِه وَتَحْرِيْرُ | Ha damir diapit dua harkat dantidak bertemu hamzah | QS. An-Nisa’ : 92 |
2 | نَبَاتُـه بِإِذْنِ | Ha damir diapit dua harkat dantidak bertemu hamzah | QS. Al-A’raf : 58 |
3 | سُبْحنَه وَتَعَالَى | Ha damir diapit dua harkat dantidak bertemu hamzah | QS. An-Nur :40 |
2). Mad silah tawilah adalah mad yang terjadi jika ha damir bertemu hamzahdan dibaca panjang dua setengah alif. Contoh mad silah tawilah adalah sebagai berkut:
NO. | LAFAL | SEBAB TERJADINYA | TERDAPAT PADA QS. |
1 | عِنْدَه اِلاَّ | Ha damir diapit dua harkat dan bertemu hamzah | QS. Al-Baqarah : 255 |
2 | مِنْ عِلْمِه اِلاَّ | Ha damir diapit dua harkat dan bertemu hamzah | QS. Al-Baqarah : 255 |
3 | أَهْلِه إِلاَّ أَنْ | Ha damir diapit dua harkat dan bertemu hamzah | QS. An-Nisa’ : 92 |
g. Mad ‘Iwad
Mad ‘iwad adalah mad yang terjadi ketika ada fathatain pada akhir kalimat atau yang di waqaf-kan. Contoh mad ‘iwad dapat dilihat pada kolom berikut ini:
NO. | CONTOH LAFAL | DIBACA | TERDAPAT PADA QS. |
1 | رَحِيْماً | رَحِيْماَ | QS. An-Nisa’ : 64 |
2 | تَسْلِيْماً | تَسْلِيْماَ | QS. An-Nisa’ : 65 |
3 | تَفْضِيْلاً | تَفْضِيْلاَ | QS. Al-Isra’ : 70 |
4 | نَصِيْراً | نَصِيْراَ | QS. Al-Isra’ : 75 |
5 | عَزِيْزاً | عَزِيْزاَ | QS. Al-Ahzab : 25 |
h. Mad Lazim
Mad lazim adalah mad yang terjadi jika ada tanda mad yang bertemu dengan sukun dan harus dibaca tiga alif. Mad lazim ada empat macam,yaitu mad lazim kilmi musaqqal, mad lazim kilmi mukhaffaf, mad lazim harfi musaqqal, mad lazim harfi mukhffaf.
1). Mad Lazim Kilmi Musaqqal
Mad lazim kilmi musaqqal adalah mad tabi’i yang bertemu dengan huruf bertaydid dalam satu kalimat. Contohnya adalah : اَلضَّآلِّيْنَ, اَلْحَآقَّةُ
2). Mad Lazim Kilmi Mukhaffaf
Mad lazim kilmi mukhaffaf adalah mad tabi’i yang bertemu dengan huruf bersukun dalam satu kalimat. Mad ini hanya ada satu dalam Al-Qur’an, yaitu: الْـئـنَ
3). Mad Lazim Harfi Musaqqal
Mad lazim harfi musaqqal terjadi jika di awal surah dalam Al-Qur’an terdapat satu atau lebih huruf nun, qaf, sad, ‘ain, sin, lam, kaf, dan mim. Cara membacanya adalah : الــمّ, الـمّـص
4). Mad Lazim Harfi Mukhaffaf
Mad lazim harfi mukhaffaf terjadi jika di awal surah dalam Al-Qur’an terdapat satu atau lebih huruf ha, ya, ta, ha, dan ra.
Cara membacanya adalah dua harkat atau satu alif. Contohnya adalah mim pada الـمّ, lam pada الـر, dan sin pada طـس.
BAB VII
TAFKHIM DAN TARQIQ
Tafkhim adalah cara membaca dengan tebal, sedangkan tarqiq adalah cara membaca dengan tipis. Hukum tafhim dan tarqiq yang akan kita bahas ini berlaku pada lam jalalah ( ) dan ra ( ). Lam jalalah adalah lam yang terdapat pada kalimat allah ( ).
a. Lam Jalalah
1). Lam Jalalah dibaca tafkhim apabila didahului oleh huruf yang berharkat fathah atau dlamah.
Contoh:
NO. | LAFAL | SEBAB TERJADINYA | TERDAPAT PADA |
1 | مَا فَضَّلَ اللهُ | Lam jalalah berada setelah harkat fathah | QS. An-Nisa’ : 32 |
2 | وَاذْكُرُوا اللهَ | Lam jalalah berada setelah harkat dammah | QS. Al-Jumu’ah : 10 |
2). Lam Jalalah dibaca tarqiq apabila didahului oleh huruf yang berharkat kasrah.
Contoh:
NO. | LAFAL | SEBAB TERJADINYA | TERDAPAT PADA |
1 | | Lam jalalah berada setelah harkat kasrah | QS. al-jumu’ah : 9 |
b. Ra’
1). Huruf Ra’ dibaca tafkhim dengan ketentuan sebagai berikut:
a). Huruf Ra berharkat fathah atau dammah.
Contoh:
NO. | LAFAL | SEBAB TERJADINYA | TERDAPAT PADA QS. |
1 | | Ra berharkat dammah | Al-jumuah : 10 |
b). Huruf Ra’ berharkat sukun atau dimatikan karena waqaf dan didahului harkat fathah atau damah.
Contoh:
NO. | LAFAL | SEBAB TERJADINYA | TERDAPAT PADA QS. |
1 | | Ra sukun didahului harkat fathah | QS. Al-Fil : 3 |
2 | | Ra sukun karena waqaf dan didahului harkat fathah | QS. Al-Kautsar : 3 |
c). Huruf Ra’ dimatikan karena waqaf dengan didahului huruf ber harkat sukun dan huruf berharkat fathah atau dammah.
Contoh:
NO. | LAFAL | SEBAB TERJADINYA | TERDAPAT PADA QS. |
1 | | Ra sukun karena waqaf dan didahului mad dlamah | QS. Al-‘Adiyat : 10 |
2 | | Ra sukun karena waqaf dan didahului mad fathah | QS. Al-Baqarah : 167 |
2). Hukum ra dibaca tarqiq/tipis dengan ketentuan sebagai berikut:
a). Huruf ra berharkat kasrah.
Contoh:
LAFAL | SEBAB TERJADNYA | TERDAPAT PADA |
| Ra’ berharkat kasrah | QS. An-Nisa’ : 32 |
b). Huruf ra berharkat sukun/dimatikan karena waqaf dan didah hului ya kasrah.
Contoh:
LAFAL | SEBAB TERJADNYA | TERDAPAT PADA |
| Ra sukun karena waqaf dan didahului ya kasrah. | QS. asy-Syura : 11 |
c). huruf ra berharkat sukun/dimatikan karena waqaf dan didah ului kasrah.
Contoh:
LAFAL | SEBAB TERJADNYA | TERDAPAT PADA |
| Ra sukun karena waqaf dan didahului kasrah. | QS.Ath-Thariq : 9 |
d). huruf ra dimatikan karena waqaf dan didahului huruf bersuk un dan huruf sebelum nya berharkat kasrah.
Contoh:
LAFAL | SEBAB TERJADNYA | TERDAPAT PADA |
| Ra sukun karena waqaf dan didahului huruf bersukun dan huruf sebelumnya berharkat kasrah. | QS. Al-Fajr : 5 |
BAB VIII
IDGHAM
Jika ada dua huruf yang sama, hampir sama, atau yang sejenis bertemu, huruf yang pertama berharkat sukun dan yang kedua berharkat hidup, hukumnya harus di-idgam-kan. Idgam ada tiga macam, yaitu idgam mutamasilain, idgam mutaqaribain, idgam mutajanisain.
a. Idgam Mutamatsilain
Hukum idgam mutamatsilain berlaku pada waktu semua huruf yang disukunkan bertemu dengan huruf berharkat yang sama atau yang semisal makhraj dan sifatnya.
Contoh:
NO | LAFAL | SEBAB TERJADNYA | TERDAPAT PADA |
1 | | Ba sukun bertemu dengan ba hidup | Suara ba pertama hilang/atau melebur pada ba hidup. |
2 | | Ta sukun bertemu dengan ta hidup | Suara ta pertama hilang/atau melebur pada ta hidup. |
b. Idgam Mutaqaribain
Hukum idgam mutaqaribain berlaku apabila suatu huruf yang disukun bertemu dengan huruf berharkat didepannya dan huruf tersebut berdekatan makhrajnya dan sama sifatnya.
Contoh:
NO | LAFAL | SEBAB TERJADNYA | TERDAPAT PADA |
1 | | Lam sukun bertemu dengan ra hidup | Suara lam hilang/atau melebur pada ra hidup |
2 | | sa sukun bertemu dengan zal hidup | Suara sa hilang/atau melebur pada zal hidup |
c. Idgam Mutajanisain
Hukum idgam mutajanisain berlaku apabila suatu huruf yang disukun bertemu dengan huruf berharkat di depannya dan huruf tersebut sejenis makhrajnya, tetapi lain sifatnya.
Contoh:
NO | LAFAL | SEBAB TERJADNYA | TERDAPAT PADA |
1 | | Dal sukun bertemu dengan ta hidup | Suara dal hilang/atau melebur pada ta hidup |
2 | | Ta sukun bertemu dengan dal hidup | Suara ta hilang/atau melebur pada dal hidup |
BAB IX
TANDA WAQAF
1. Waqaf
a. Pengertian Waqaf
Menurut bahasa, waqaf adalah berhenti atau menahan. Menurut istilah, waqaf berarti menghentikan suara dan perkataan sebentar untuk bernafas bagi orang yang membaca Al-qur’an(qari) dengan niat untuk melanjutkan bacaan lagi dan bukan untuk meninggalkan bacaan tersebut.
b. Macam-macam waqaf
1). Waqaf tamm (sempurna) adalah berhenti pada suatu kalimat yang tata bahasa dan maknanya sempurna, tidak ada hubungan dengan kalimat berikutnya.
Contoh:
2). Waqaf kafi (cukup) adalah berhenti pada suatu kalimat yang cukup tata bahasanya, tetapi maknanya masih mempunyai hubungan dengan kalimat berikutnya.
Contoh:
3). Waqaf hasan (baik) adalah berhenti pada suatu kalimat yang masih mempunyai hubungan dengan kalimat berikutnya.
Contoh:
…………..baik, tetapi tidak baik bila yang…….dibaca sendiri.
4). Waqaf qabih (jelek) adalah berhenti pada suatu kalimat yang tidak bisa dimengerti maknanya. Waqaf seperti ini dilarang, kecuali terpaksa karena sesak napas, batuk, atau bersin.
Contoh:
Untuk menerapkan hukum bacaan yang benar, kari wajib mengulang lafal tersebut atau dari lafal yang sebelumnya lagi.
c. Macam-macam Waqaf.
No. | Tanda waqaf | Nama Waqaf | Arti | Contoh |
1. | | | Harus waqaf | |
2. | | | Bukan tempat waqaf | |
3. | | | Boleh waqaf boleh tidak | |
4. | | | Dibaca terus lebih utama | |
5. | | | Berhenti lebih utama | |
6. | | | Boleh waqaf di salah satu tanda tersebut | |
2. Saktah
Saktah menurut bahasa artinya mencegah. Menurut istilah, saktah berarti menghentikan bacaan sama sekali. Sesudah memotong bacaan ini, bila kari (pembaca) ingin membaca lagi, ia disunahkan membaca taawuz. Bacaan taawuz adalah sebagai berikut.
3. Qata’
Qata’ menurut bahasa berarti memotong. Menurut istilah qata’ berarti memulai bacaan sesudah waqaf. Ibtida’ ini boleh dilakukan hanya pada perkataan yang tidak merusak arti susunan kalimat.
Contoh:
4. Ibtida’
Ibtida’ menurut bahasa berarti memulai. Menurut istilah, ibtida’ berarti memulai bacaan sesudah waqaf. Ibtida’ ini boleh dilakukan hanya pada perkataan.
Contoh:
Tidak boleh mengulang dengan ibtida’/ memulai dari………bacaan harus dimulai dari………
2 Februari 2012 pukul 23.11
keterangan tanda waqafnya kok kosong mas
20 Oktober 2012 pukul 02.47
Wah terima kasih pak pelajarannya sangat membantu. izin copi ya pak. trima kasih
20 Oktober 2012 pukul 02.49
oh ya contoh-contoh bacaannya kok kosong?
12 Januari 2014 pukul 05.47
makasih ya,, ini ngebantu aku banget ,,
16 Januari 2014 pukul 06.18
oh sekarang jadi tahu
23 Januari 2014 pukul 23.58
Bagus Bro, Tapi contoh-contohnya masih ada yang kosong nih, tambahin lagi dong . . .
11 Februari 2014 pukul 20.31
aslmkum.. afwan mu tanya tentang mad layyin... kalau fathah bertemu wau mati atau ya’ mati ditengah ayat (tidak diakhir ayat/ tidak waqof) apa masih dibaca "satu alif (2 harokat), dua alif (4 harokat), atau tiga alif (6 harokat)"? atau apakah dibaca satu harokat saja? mksiiih atas jawabanya
17 Juni 2014 pukul 16.34
saran: biar lebih mantab dan bener2 tau faham. d kasih mp3 pada masing2 contoh..... pasti lebih bermanfaat mas! terimakasih!
29 Oktober 2014 pukul 07.21
Makasih banyakk atas bantuannya (y)
20 November 2015 pukul 00.46
20 November 2015 pukul 00.46
hai
8 Januari 2016 pukul 19.23
terimaksih, sangat membantu :)
20 Agustus 2016 pukul 07.30
ane copas ya pa Ustdz?!
4 Maret 2022 pukul 05.56
BetMGM Casino in NV - Mapyro
The BetMGM Casino is 부천 출장마사지 your one stop shop for 영주 출장안마 the best gaming and entertainment, a 고양 출장안마 place where players can win a variety of exciting 부산광역 출장안마 casino games, 보령 출장샵